Minggu, 23 September 2012

TUGAS 1

1. carilah bahan sebanyak mungkin tentang kelompok mayoritas dan minoritas! Apakah kedua kelompok itu juga termasuk kelompok sosial? Bagaimana hubungan antara keduanya?

Mayoritas adalah jumlah orang terbanyak yg memperlihatkan ciri tertentu menurut suatu patokan dibandingkan...

Minoritas adalah kelompok sosial yang tak menyusun mayoritas populasi total dari voting dominan secara politis dari suatu kelompok masyarakat tertentu.
Minoritas dapat pula merujuk ke kelompok bawahan maupun marginal. Minoritas sosiologis tak perlu bersifat numerik sebab dapat mencakup kelompok yang di bawah normal dengan memandang pada kelompok dominan dalam hal status sosial, pendidikan, pekerjaan, kekayaan, dan kekuasaan politik.
Istilah "kelompok minoritas" sering diterapkan bersama dengan wacana hak asasi manusia dan hak kolektif yang mengemuka di abad ke-20.

Kedua kelompok tersebut masuk kedalam bagian kelompok sosial karena terciptanya mayoritas dan minoritas adalah dengan cara beberapa orang menjadi kelompok, kelompok yang jumlahnya lebih banyak adalah kelompok mayoritas dan kelompok yang lebih sedikit adalah kelompok minoritas.
Hubungan antara keduanya adalah saling bertolak belakang

2. Amatilah masyarakat anda. bagaimana pola hubungan antarkelompok sosialnya? buatlah analisisnya dalam bentuk tulisan! anda bisa mengirimkan tulisan anda ke majalah sekolah atau ke surat kabar
 -> misalkan dalam suatu ruangan terdapat kelompok antara ipa dan ips ips terdapat 9 orang murid dan ipa terdapat 4 ips yaitu kelompok mayoritas dan ips kelompok minoritas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar